Sejumlah Pengurus NU Jawa Timur Melakukan Ziarah Kubur

Ziarah kubur yaitu mendatangi makam seorang kerabat, keluarga, atau para ulama. Namun dimakam tidak hanya mendatangi saja tetapi juga mendo'akan, melantunkan Ayat Suci Al-Qur'an, Tahlil, Sholawat, tahmid atau bisa juga sholawat. Dengan itu sejumlah pengurus harian Nahdlotul Ulama bersama badan otonom provinsi Jawa Timur melakukan ziarah ke pasarean Muassis NU. Mereka para mengenang kembali semangat perjuangan para ulama NU demi meningkatkan khidmah di jami'yah.


"Kami meminta doa restu kepada para keluarga di sini agar diberikan kekuatan dalam berkhidmah di NU," kata KH Ridwan Nasir di pemakaman Pesantren Darul Ulum (PPDU) Rejoso, Peterongan, Jombang, Kamis (21/4).

Permohonan doa dan dukungan ini disampaikan oleh guru besar UIN Sunan Ampel Surabaya selaku pimpinan rombongan dari PWNU Jatim kepada KH Zaimuddin Wijaya As'ad sebagai pimpinan dari pesantren tersebut.

KH Zaimuddin Wujaya As'ad yang biasa disapa Gus Zu'em berharap agar keberadaan para pengurus dapat menjalankan amanah dengan membawa NU sebagai organisasi seperti diharapkan para pendiri. "Semoga NU juga mampu menjaga kebersamaan dan kekompakan," kata Ketua Majlis Pimpinan PPDU ini.

Memperingati hari lahir Ke-93 NU, pengurus NU Jatim menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah ziarah ke pemakaman para pendiri NU seperti Syaikhana Cholil (Bangkalan), KH As'ad Syamsul Arifin (Situbondo), KH Muhammad Hasan (Genggong), serta di Jombang KH Hasyim Asy'ari (Tebuireng), KH Abdul Wahab Chasbullah (Tambakberas), KH Bisri Syansuri (Denanyar) juga KH Tamim Irsyad (Rejoso).

Kegiatan ziarah ini dibagi menjadi empat kelompok yang melakukan ziarah pada hari yang sama. "Agar generasi penerus seperti kita bisa meneruskan khidmah sebagaimana semangat para pendiri NU," kata Wakil Ketua NU Jatim KH Sholeh Hayat.

Sebelumnya diadakan kegiatan donor darah yang diikuti para kiai, pengurus serta karyawan di lingkungan NU Jatim. Sedangkan untuk Sabtu (23/4) akan dilangsungkan khatmil Quran, istighotsah serta lailatul ijtima'. Puncak harlah akan dilangsungkan Ahad (24/4) pagi sekaligus peluncuran website resmi NU Jatim.

Sejumlah undangan tokoh masyarakat dan pejabat akan hadir di acara ini, termasuk Gubernur Jawa Timur H Soekarwo

0 Response to "Sejumlah Pengurus NU Jawa Timur Melakukan Ziarah Kubur"

Post a Comment