Inilah Negara negara Dengan Waktu Berpuasa Terlama Hingga yang Tersingkat

 
Ramadan setiap tahunnya menjadi salah satu bulan yang dinantikan seluruh umat islam. Selama satu bulan penuh, umat islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa untuk introspeksi secara spiritual dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.



Sejak matahari terbit hingga terbenam, umat Islam menahan lapar dan dahaga, selain itu umat islam juga diwajibkan mengendalikan hawa nafsu selama menjalankan puasa. Umumnya di Indonesia, umat muslim menjalankan puasa selama 13-14 jam per hari.

Namun rupanya rentang waktu puasa setiap negara di belahan dunia berbeda-beda. Hal itu dikarenakan adanya kemiringan sumbu rotasi bumi dalam mengitari matahari. Oleh sebabnya sejumlah negara di belahan bumi utara, khususnya negara yang memiliki musim dingin pada bulan-bulan tertentu akan menerima cahaya matahari lebih lama dari pada negara negara di belahan bumi selatan.

Tidaklah mengherankan jika rentang waktu berpuasa di setiap negara berbeda mengingat waktu sahur dan berbuka yang sangat bergantung dengan terbit atau terbenamnya matahari. Berdasarkan penghitungan waktu di sejumlah kota dan negara dari laman IslamicFinder.org, Jumat (27/5/2016), Kota Reykjavik, Islandia, memiliki rentang puasa paling lama yakni sekitar 22 jam. Penduduk muslim di negara yang terletak di kawasan kutub utara tersebut hanya memiliki waktu sekitar 2 jam untuk buka puasa, salat tarawih dan sahur.

Nah berbeda dengan Islandia, negara yang letaknya di ujung selatan bumi yaitu Chile tepatnya di Kota Punta Aires memiliki waktu puasa yang sangat singkat. Penduduk di sana menjalankan ibadah puasa sekitar 9 jam saja.

Negara-negara yang letaknya di utara garis khatuliswa memiliki waktu puasa lebih lama dari negara selatan khatulistiwa. Rentang waktu puasa Kota Jeneau di Alaska, Ameria Serikat mencapai sekitar 19 jam. Kondisi ini tidak berbeda jauh dengan rentang waktu dengan beberapa negara Eropa, seperti Berlin, Jerman dan London, Inggris.

Akan tetapi, untuk kota New York dan Los Angeles, Amerika Serikat serta Kairo, Mesir rentang waktu puasa berkisar antara 15-16 jam. Sementara itu Kota Beijing, China rentang waktu puasanya mencapai kurang lebih 17 jam.

Untuk di Kota Makkah, Arab Saudi lama waktu puasa mencapai sekitar 14 jam. Kemudian di Kota Rio de Jeneiro, Brasil lamanya mencapai kurang lebih 12 jam. Sedangkan Kota Sydney, Australia lebih singkat sekitar 11 jam.

source : news.detik.com

0 Response to "Inilah Negara negara Dengan Waktu Berpuasa Terlama Hingga yang Tersingkat"

Post a Comment